Rabu, 01 Oktober 2014

Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Organisasi

    Dari judul yang telah saya buat di atas, pertama-tama saya akan mengulas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi. Organisasi adalah sekelompok individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, sebagai seorang manusia yang telah diciptakan Tuhan YME lahir ke dunia, manusia ditetapkan sebagai makhluk sosial, dimana seorang manusia pasti akan membutuhkan manusia lainnya. Oleh karena itu, manusia sebenarnya perlu untuk memiliki pengalaman berorganisasi. Selain dapat mempererat tali silaturahmi, berorganisasi dan bekerja bersama-sama dapat mempermudah pekerjaan yang hendak diselesaikan.
    
    Banyak pernyataan yang berbeda-beda dari ciri-ciri organisasi. Dan adapun menurut Berelson dan Steiner (1964:55) bahwa ciri-ciri organisasi adalah sebagai berikut:

       -Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, tujuan, strategi, dan lainnya.

      -Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
      -Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
      -Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.
    Sedangkan, dari apa yang telah saya pahami, menurut saya ciri-ciri organisasi adalah:
      -Adanya atasan dan bawahan.
      Komponen ini merupakan salah satu hal yang penting. Atasan dan bawahan memiliki keterkaitan dan saling membutuhkan. Atasan pada umumnya merupakan seseorang yang menjadi pemimpin dari suatu organisasi. Sedangkan bawahan bisa dibilang bahwa orang-orang yang bisa diandalkan oleh si atasan. 
     -Adanya tujuan.
      Tentu saja tujuan merupakan hal yang wajib ada dalam suatu organisasi. Mengapa? Karena tanpa adanya tujuan, organisasi apapun tidak akan jelas kemana arahnya akan bergerak.
     -Adanya kerjasama.
      Selain memiliki tujuan, orang-orang yang terlibat dalam suatu organisasi wajib untuk menerapkan sistem kerjasama. Karena dengan kerjasama, pekerjaan seberat apapun bisa terasa lebih mudah.
    Setelah mengetahui ciri-ciri dari organisasi, inilah beberapa unsur dari organisasi, diantaranya:
      -Proses kerjasama.
      Dalam suatu organisasi, proses kerjasama dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan secara bersama-sama. Dengan adanya kerjasama dalam organisasi, memungkinkan hasil pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih baik. 
      -Tujuan bersama.

      Organisasi memerlukan arah dan sasaran untuk dcapai. Dengan organisasi yang baik, tujuan yang awalnya kurang baik cenderung akan menemukan hasil akhir dari tujuan yang lebih baik.

     -Lingkungan.

      Faktor lingkungan seperti ekonomi, sosial, teknologi, strategi, dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan pun sangat berperan penting dalam suatu organisasi.

Referensi :

http://gerald85joshua.wordpress.com/2013/10/17/pengertian-ciri-ciri-unsur-unsur-teori-organisasi/
pendapat saya dalam link ini, diulas secara lengkap, rapi dan mudah dipahami sehingga memudahkan para pembaca yang sedang mencari tulisan yang baik untuk dikutip.

http://nidafe.wordpress.com/2013/10/10/pengertian-ciri-ciri-unsur-unsur-dan-teori-organisasi/
pendapat saya dalam link ini, tulisannya lebih ringkas, lebih simple namun kata-katanya cukup baik untuk dimengerti.

Annisa Mutia
11113140
2ka11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar