Sebelum
kita membahas tentang hubungan antara ketiganya, akan lebih baik jika kita
memahami satu persatu apa yang dimaksud dengan manajemen, tata kerja, dan
organisasi.
Kita mulai
dengan manajemen. Manajemen merupakan suatu proses dari rangkaian kegiatan yang
dilakukan bersama dengan berbagai organisasi lain untuk dapat mencapai tujuan
tertentu.
Selanjutnya tata kerja. Apa yang dimaksud dengan tata kerja? Tata kerja
merupakan pola kegiatan yang dikerjakan dengan benar agar mencapai hasil tujuan
maksimal dengan mempertimbangkan beberapa hal yang terkait.
Sedangkan
Organisasi adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Setelah
kita mengetahui dengan detail apa saja maksud dari ketiganya, kita akan
membahas hal-hal yang berkaitan dari ketiganya.
Hubungan
antara manajemen dan organisasi.
Organisasi merupakan suatu kelompok individu yang bekerjasama untuk mencapai
tujuan. Sedangkan manajemen proses pencapaian tujuan. Singkatnya, didalam suatu
manajemen diperlukan suatu organisasi karena organisasi merupakan alat untuk
mencapai tujuan tersebut. Hubungan antara keduanya sangat erat dan saling
terkait dan tidak akan bisa terlepas.
Hubungan
antara manajemen dan tata kerja.
Sebagaiamana hubungan antara organisasi dan manajemen, hubungan antara tata
kerja dan manajemen pun erat kaitannya. Seperti yang kita tahu bahwa tata kerja
adalah pola ataupun cara yang yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi,
dengan adanya tata kerja yang baik dan benar dalam suatu manajemen akan ada
beberapa keuntungan salah satunya menghindari kemacetan-kemacetan dan
kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
Jadi, hubungan
diantaranya keduanya bisa digambarkan sebagai berikut:
Manajemen :
Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta
waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi
tercapainya tujuan.
Tata Kerja :
Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan
sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Hubungan antara manajemen, organisasi, dan tata kerja.
Sebenarnya, dari konsep ketiganya sudah sangat
jelas bahwa ketiganya berhubungan dan diarahkan untuk tercapainya tujuan.
Tetapi bisa dijelaskan bahwa eratnya hubungan antara ketiganya adalah sebagai
berikut:
Manajemen : Proses pencapaian tujuan
melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi :
Alat bagi pencapaian tujuan tersebut.
Tata kerja : Pola
kegiatan yang dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Referensi :
pendapat saya tulisan
dalam link ini cukup lengkap dan mencakup aspek-aspek tertentu sehingga mudah
untuk dikutip.
pendapat saya tulisan
ini tidak jauh berbeda dengan yang ada pada link sebelumnya, sehingga saya
hanya mengutip sedikit bagian saja dari link ini.
yang dibahas dalam link
ini hanya tentang manajemen saja, sehingga hanya sedikit topic yang bisa saya
kutip dari sini.
Annisa Mutia
11113140
2ka11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar