Rabu, 01 Oktober 2014

Hubungan Manajemen, Tata Kerja dan Organisasi

    Sebelum kita membahas tentang hubungan antara ketiganya, akan lebih baik jika kita memahami satu persatu apa yang dimaksud dengan manajemen, tata kerja, dan organisasi.

    Kita mulai dengan manajemen. Manajemen merupakan suatu proses dari rangkaian kegiatan yang dilakukan bersama dengan berbagai organisasi lain untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

    Selanjutnya tata kerja. Apa yang dimaksud dengan tata kerja? Tata kerja merupakan pola kegiatan yang dikerjakan dengan benar agar mencapai hasil tujuan maksimal dengan mempertimbangkan beberapa hal yang terkait.

    Sedangkan Organisasi adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

    Setelah kita mengetahui dengan detail apa saja maksud dari ketiganya, kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dari ketiganya. 

    Hubungan antara manajemen dan organisasi.
      Organisasi merupakan suatu kelompok individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan. Sedangkan manajemen proses pencapaian tujuan. Singkatnya, didalam suatu manajemen diperlukan suatu organisasi karena organisasi merupakan alat untuk mencapai tujuan tersebut. Hubungan antara keduanya sangat erat dan saling terkait dan tidak akan bisa terlepas.

    Hubungan antara manajemen dan tata kerja.
      Sebagaiamana hubungan antara organisasi dan manajemen, hubungan antara tata kerja dan manajemen pun erat kaitannya. Seperti yang kita tahu bahwa tata kerja adalah pola ataupun cara yang yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, dengan adanya tata kerja yang baik dan benar dalam suatu manajemen akan ada beberapa keuntungan salah satunya menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.

 Jadi, hubungan diantaranya keduanya bisa digambarkan sebagai berikut:
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.


    Hubungan antara manajemen, organisasi, dan tata kerja.       
      Sebenarnya, dari konsep ketiganya sudah sangat jelas bahwa ketiganya berhubungan dan diarahkan untuk tercapainya tujuan. 
      Tetapi bisa dijelaskan bahwa eratnya hubungan antara ketiganya adalah sebagai berikut:

          Manajemen : Proses pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
          Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut.
          Tata kerja : Pola kegiatan yang dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Referensi :
pendapat saya tulisan dalam link ini cukup lengkap dan mencakup aspek-aspek tertentu sehingga mudah untuk dikutip.
pendapat saya tulisan ini tidak jauh berbeda dengan yang ada pada link sebelumnya, sehingga saya hanya mengutip sedikit bagian saja dari link ini.
yang dibahas dalam link ini hanya tentang manajemen saja, sehingga hanya sedikit topic yang bisa saya kutip dari sini.

Annisa Mutia
11113140
2ka11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar