BAB I
PENGANTAR ISD
A.
Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
Pengertian
ISD
Untuk menjawab
berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan, lahirlah berbagai
cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber
filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan
menjadi tiga :
a. Natural Sciences
(Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi,Biologi dan
lain-lain.
b. Sosial Sciences
(Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik
Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c. Humanities
(Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan,Kesenian dan
lain-lain.
Mengikuti pembagian
ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar
dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan
sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi,
geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
• Ilmu Sosial
Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena
masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya
sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar
bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak
mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak
mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu
sosial di atas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau
Program Pengerjaan yang
khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran diIndonesia yang diberikan
di Perguruan Tinggi. Tegasnya, mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan
dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji
gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam
menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan,sehingga lebih peka
terhadapnya.
Tujuan Umum dan
Khusus Ilmu Sosial Dasar
a.
Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan
dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan,
dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
b.
Tujuan khusus:
1).
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah
social yang ada dalam masyarakat
2). Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3). Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4). Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
Secara
umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan
pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah
Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social
science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).
Ilmu pengetahuan Alam (natural science)
Adalah Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam , baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antara lain adalah Biologo, Kimia, dan Fisika.
Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
Adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya. Ilmu pengetahuan sosial antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu huku, dan ilmu ekonomi.
Ilmu Pengetahuan Budaya (Humanitics Study)
Adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan buadaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian.
B. Ilmu Sosial
Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu
Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar budaya di suatu
daerah/tempat. Misalnya, nilai hubungan perilaku anak dengan orang tuanya, anak
dengan teman disekitarnya, dan hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya.
Mengenal Ilmu Budaya Dasar sangatlah menyenangkan, karena dalam mengenal suatu
budaya maka kita juga dapat melestarikan budaya tersebut agar budaya yang
ada tidak punah. Selain itu, Ilmu Budaya Dasar juga sangat berpengaruh dalam
proses mengenal suatu budaya. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu
yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial
juga mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar.
Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa
yang baik dan benar, dan bersikap sopan santun.
Adapun
persamaan antara keduanya adalah :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri
sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah dasar atau sekolah
lanjutan.
b.Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah
tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c.Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
C. Ruang
Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu
Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama yaitu, studi manusia dan masyarakat
dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri dari psikologi,
sosiologi, dan antropologi, sedangkan yang lainnya terdiri dari ekonomi dan
politik.
Materi
Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah
sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
1.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para
ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu
atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan
interdisiplin/multidisiplin.
2.
Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan¬kenyataan
sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan
sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep
“keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
3.
Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
D. Pendapat Mahasiswa Mengenai
Ilmu Sosial Dasar
Secara singkat,
menurut saya Ilmu Sosial dasar adalah suatu ilmu yang menelaah masalah-masalah
sosial yang tidak mempunyai obyek dan metode
ilmiah tersendiri dan juga tidak
mengembangkan suatu penelitian sebagai mana ilmu-ilmu pada umumnya. Ilmu Sosial
Dasar juga memberikan
pengetahuan-pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap,
persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat
ditingkatkan, sehingga lebih peka
terhadapnya.
Tujuan dari Ilmu
Sosial Dasar bisa dibilang untuk mengembangkan kepribadian seseorang dan agar
dapat memahami gejala-gejala yang timbul dalam lingkungannya. Selain itu, Ilmu
Sosial Dasar juga memiliki persamaan dengan Ilmu Pengetahuan sosial yaitu
sama-sama merupakan ilmu yang tidak dapat berdiri sendiri. Adapun perbedaan
keduanya yaitu, pada Ilmu Sosial Dasar, seseorang diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan social diarahkan pada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
REFERENSI
Karya :
Annisa Mutia
11113140
1KA08
Tidak ada komentar:
Posting Komentar